Agen Properti, Solusi atau Bikin Rugi?

4 min read

Apakah Anda merasa kesulitan untuk menjual rumah atau properti? Jika iya, Anda sepertinya belum mencoba jasa agen properti untuk membantu penjualan rumah Anda.

Mungkin saat mendengar kata agen, Anda takut dengan komisi yang harus dibayarkan cukup besar. Padahal, komisi yang dibayarkan bisa dibicarakan dan cenderung bersahabat.

Atau…

Mungkin Anda ogah membagi keuntungan penjualan Anda dan merasa bisa menjualnya sendiri? “Cukup pasang foto di OLX dan menunggu kan?”

Sayangnya, tidak semudah itu…

Dalam proses penjualan rumah, apartemen, ruko, bahkan tanah, tidak semudah menjual barang-barang komoditi biasanya. Banyak sekali yang harus diperhatikan, mulai dari kelengkapan berkas, strategi pemasaran, sampai pelayanan terhadap calon pembeli.

Hal-hal itu bisa saja dilakukan sendiri, tapi dalam hal melayani calon pembeli dan pengurusan berkas yang rumit, apakah Anda tidak pusing kalau semua-semua mesti Anda?

Itulah tugas agen properti, yaitu membantu Anda menjual unit sejak awal hingga akhir. Semua dibantu, agar unit yang Anda jual dapat laku lebih cepat dan sah secara legalitas.

Nah dalam aritkel kali ini, Peta ingin membahas perihal pro dan kontra jasa penjualan ini.

Peta akan menjelaskan secara detil kelemahan dan kelebihan jasa ini, sehingga Anda bisa menentukan sendiri, apakah jasa agen properti adalah solusi, atau jangan-jangan hanya bikin rugi? Berikut penjelasannya:

Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Properti

Apabila Anda ingin menggunakan jasa agen, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini. Apa saja itu?

1. Kemungkinan Terjual Lebih Cepat

jasa agen properti

Mengapa unit yang dijual dengan menggunakan jasa agen cenderung memiliki kemungkinan lebih cepat terjual? Padahal, secara publikasi postingan penjualan sama-sama dilakukan di media sosial?

Kalau Anda berpikir begitu, maka perlu Anda tahu pada dasarnya tiap-tiap agen memiliki database calon pembeli potensial. Anda bisa mengatakannya sebagai daftar koneksi calon pembeli.

Dengan adanya agen, unit yang hendak dijual lebih terarah. Properti yang dijual pastinya akan bertemu dengan calon pembeli yang potensial.

Bahkan waktu dan energi tidak akan terbuang sewaktu menawarkan properti Anda.

Dan tahukah Anda kalau agen pada umumnya akan memasarkan properti ke berbagai marketing channel baik offline maupun online. Langkah ini pastinya membuat persentase tidak laku (worry free) terhadap properti Anda semakin menurun.

2. Praktis dan Efisien

tugas agen properti

Memang sih, terkait praktis dan efesien tidaklah melulu bagus hasilnya. Tapi hal itu berbeda dengan penjualan properti menggunakan agen.

Keuntungan lainnya yang Anda dapat apabila menggunakan agen pastinya adalah sisi praktis dan efisien.

Maksudnya praktis dan efisien di sini lebih kepada setiap proses negosiasi dan survei unit dialihkan oleh agen. Dengan adanya agen yang menangani penjualan properti Anda, waktu Anda sama sekali otomatis tidak terganggu. Coba pikirkan apabila waktu yang Anda punya seharusnya untuk keluarga tiba-tiba calon pembeli menelepon Anda? Tentu ribet jadinya.

3. Harga Jual Rumah Sesuai Pasaran

Apa yang membuat salah satu tidak lakunya penjualan properti secara mandiri?

Lokasi properti? Kondisi Properti? Tentu tidak. Anda harus paham bahwa calon pembeli Anda merupakan orang yang selektif. Bayangin kalau Anda menjual properti dengan harga yang berbeda dari kompetitor?

Bisa-bisa properti Anda tidak bakalan laku-laku.

Seringkali harga yang penjual properti secara mandiri ingin jual terlalu tinggi (overpriced). Bahkan karena harga yang tinggi, justru lebih rentan membuat properti yang dijual dengan harga terlalu murah sebab tak mengetahui harga pasaran. Pastinya Anda akan menghindari hal buruk tersebut bukan?

Oleh karena itu, menggunakan jasa agen properti maka harga unit yang akan Anda jual sesuai dengan pasaran di daerah tersebut. Tiap-tiap agen pastinya telah melakukan Competitive Market Analysis (CMA) yang menjadi dasar kisaran harga atas unit Anda.

Memang benar Competitive Market Analysis (CMA) tidak mesti dipahami. Anda tidak mesti memperlajari Competitive Market Analysis (CMA) apabila ingin menjual properti. Tetapi tentu tidak sederhana itu.

Anda boleh menjual properti tanpa mengikuti Competitive Market Analysis (CMA) apabila Anda sedang membutuhkan penjualan yang cepat dan terpaksa Anda menjualnya dengan harga yang murah.

Namun, di luar kondisi itu, baiknya Competitive Market Analysis (CMA) harus ditetapkan. Dengan adanya Competitive Market Analysis (CMA) komparasi harga pada properti milik orang lain yang memiliki luas yang mirip dan berlokasi di sekitar properti anda akan sesuai.

Nantinya, komparasi tersebut dilakukan kepada 2-5 properti milik orang lain yang juga ditawarkan kepada pembeli. Dengan begitu agen properti akan memastikan unit Anda dijual sesuai dengan harga pasaran yang wajar.

4. Jaminan Legalitas Transaksi Jual Beli Properti

Perihal surat-surat yang bersifat yuridis pasti sangat menguras tenaga dalam penjual properti. Betapa tidak, poin-poin seperti Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM), Akta Jual Beli (AJB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan bukti Pengikatan Perjanjian Jual Beli (PPJB) disertai oleh Surat Keterangan Lunas, harus Anda pikirkan baik-baik.

Kebayang tidak jika hal itu Anda urus sendirian. Dengan menggunakan jasa agen properti, pastinya Anda tidak perlu khawatir. Perihal legalitas menjadi terjamin hingga ke akarnya.

Tetapi semua itu tentu tidak sebanding dengan aspek dua sisi. Menggunakan agen juga tidak sempurna. Ada beberapa kelemahan di dalamnya. Tidak adil juga kalau sisi keuntungannya saja dibahas bukan?

Kelemahan Menggunakan Jasa Agen Properti

Beberapa kelemahan di bawah ini tentunya adalah bahan pertimbang saksama. Apakah dengan segala keunggulan itu nantinya Anda rasa akan imbang bila poin-poin di bawah ini disebut sebagai kelemahan.

1. Komisi Agen Properti

komisi agen properti

Menjual properti adalah kerja keras dan untuk itu pastinya ada komisi yang harus dibayarkan. Apabila Anda merasa berat dengan komisi, tentu pertimbangkan kembali besaran keuntungan menggunakan jasa agen properti.

Lagipula, komisi ini sifatnya dibayar apabila properti terjual. Dan juga perhitungan besaran komisi terbilang ringan. Besaran komisi yang perlu Anda berikan berada di kisaran 2-5 persen untuk jenis transaksi jual beli dan komisi sebesar 5-8% untuk transaksi sewa menyewa.

PetaRumah memiliki 55 agen yang berpengalaman. Semua agen PetaRumah dilatih untuk profesional dalam pekerjaannya dan spesialis di bidangnya.

2. Kesibukan Agen Properti

Bekerja sebagai agen properti berarti bekerja untuk banyak orang di waktu dan tempat yang sama sekaligus. Anda tidak boleh berlaku egois dengan mengharuskan kerja keras yang lebih untuk memasarkan properti Anda saja.

Terdapat banyak sekali listing properti bagi setiap agen. Bahkan dengan banyaknya listing, fokus agen bisa membuat penjualan properti Anda tidak maksimal.

Tetapi bukan berarti Anda tidak harus menggunakan jasa agen properti.

Anda cukup melakukan follow up secara rutin pada agen properti Anda. Dengan relasi dan komunikasi yang teratur, penjualan properti Anda akan lebih terarah pastinya.

Di PetaRumah kesibukan yang dikhawatirkan tidak akan terjadi lantaran seorang agen di PetaRumah memiliki spesialisasinya masing-masing. Sehingga para agen kami hanya akan melakukan listing yang sesuai dengan keahliannya atau melakukan co-broke dengan agen lain di PetaRumah yang lebih ahli di bidangnya. Semua dilakukan agar para agen lebih fokus dalam menangani klien-klien kami.

3. Ada Risiko Penipuan

Seperti kebanyakan agen, pastinya akan ada agen-agen yang tidak mahir bahkan bodong sekalipun. Untuk itu Anda diharapkan selektif dalam memilih agen properti yang terpercaya.

Sebelum memilih agen properti, pastikan dia tersebut berasal dari agensi real estate agent yang jelas. Dan haruslah tercatat secara resmi sebagai anggota organisasi profesi yang keberadaannya diakui oleh pemerintah di Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Dengan dasar-dasar hukum tersebut, pastinya agen properti yang Anda pilih terjamin.

PetaRumah adalah agen terbaik yang telah berdiri sejak 2017 dan menjadi agen terpercaya serta tercatat sebagai anggota AREBI.

4. Kompetensi Agen Properti Berbeda-Beda

agen properti

Anda harus tak pungkiri, dalam dunia agen properti, ada kekhususan tersendiri yang tak dimiliki orang lain. Ya, poin khusus ini jatuhnya terhadap banyak hal, seperti spesialis di daerah tertentu atau spesialis pada jenis properti tertentu.

Membedakan dengan ciri-ciri keistimewaan tiap-tiap properti pastinya membuat penjualan properti lebih terukur. Aneh jadinya, unit Anda dipasarkan dengan agen properti di luar wilayah kota Anda bermukim.

Apabila Anda sampai melakukan itu, dipastikan properti yang Anda jual tidak akan laku.

PetaRumah sampai saat ini telah berhasil menjual listing lebih dari 1200 yang tersebar di Medan. Dengan hasil seperti itu pastinya para agen properti PetaRumah profesional dalam pekerjaannya dan spesialis di bidangnya.

Dengan poin-poin dari tiap sisi keunggulan dan kelemahan di atas, pastinya membuat Anda lebih bijak menentukan dalam penjualan properti. Anda akhirnya paham sisi baik dari agen properti di samping kendala-kendala yang menunjang kerja keras tiap agen. Tentunya Anda tidak perlu capek-capek mencari jasa agen properti karena PetaRumah hadir sebagai mitra kerja dalam setiap transaksi propreti Anda.

Apakah Anda tertarik menggunakan jasa agen properti? Hubungi PetaRumah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat Peta
1
Ada yang Bisa Peta Bantu?
Hai Sobat! 👋
Ada yang bisa Peta Bantu?